Tunjukkan Mental Juara, MU Pastikan Lolos Ke Babak 8 Besar

Manchester United VS Paris Saint-Germain

Setelah kekalahan 0-2 dari Paris Saint-Germain pada putaran pertama di kandang sendiri, Manchester United diprediksi tidak akan lolos ke babak 8 besar. Sejarah sama sekali tidak memihak mereka. Namun The Red Devils menunjukkan mental baja dan sukses menciptakan sebuah comeback bersejarah.

Manchester United mengunjungi kandang Paris Saint-Germain pada putaran kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, Kamis (07 Maret 2019). Anak-anak asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang 3-1, dan mereka pun berpesta.

Romero Lukaku dan kawan-kawannya berhasil menyamakan agregat jadi 3-3. Keunggulan gol tandang mengantarkan The Red Devils melangkah ke babak 8 besar. Manchester United membuka keunggulan mereka di Parc de Princess melalui gol Romelu Lukaku saat pertandingan baru berjalan selama 2 menit, dan Juan Bernat menyamakan kedudukan untuk tuan rumah di menit 12.

Namun Manchester United kembali memimpin melalui gol kedua Romero Lukaku di menit 30, dan akhirnya Marcus Rashford menyempurnakan kemenangan MU melalui eksekusi penalti pada menit 90+3 yang sekaligus memastikan kelolosan timnya.

Manchester United kalah dua gol di kandang sendiri pada putaran pertama, tapi tetap bisa lolos ke babak berikutnya. Sebelum ini, belum pernah ada tim di ajang Liga Champions yang selamat dari situasi seperti ini. Manchester United adalah tim pertama yang mampu melakukannya sepanjang sejarah kompetisi ini.

Penalti Pertama Rashford
Menurut data dari Berita Bola Online, Manchester United menjadi tim pertama sepanjang sejarah Liga Champions yang lolos di babak knockout setelah kalah dengan margin dua gol atau lebih di kandang sendiri pada putaran pertama. Ini membuktikan kalau mereka punya mental juara.

Marcus Rashford adalah salah satu pemain yang layak memperoleh pujian di pertandingan ini. Pasalnya, penalti ke gawang Paris Saint-Germain tersebut merupakan penalti pertamanya dalam sebuah pertandingan resmi untuk The Red Devils.

Penalti itu diberikan di masa injury time babak kedua, dengan nasib tim sebagai taruhannya. Namun penyerang 21 tahun Inggris itu menunjukkan bahwa dia memiliki mental juara. Rashford mengkonversi penalti tersebut menjadi gol yang membawa timnya ke perempat final.

Empat tim telah memastikan diri lolos ke babak 8 besar. Dua di antaranya adalah wakil dari Inggris, yakni Manchester United dan Tottenham Hotspur. Dua tim lainnya adalah wakil Portugal, FC Porto serta wakil Belanda, Ajax Amsterdam.