Rummenigge: Lebih Baik Membuat Stadion Dibanding Rekrut Neymar

CEO Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge juga memberi respon atas transfer Neymar ke Paris Saint-Germain. Ia mengatakan Bayern tidak akan pernah lakukan hal seperti itu sebab miliki filosofi yang berbeda.

Neymar keluar dari Barcelona dan bergabung dengan PSG di pekan kemarin. Transfer yang sampai pada nominal 222 juta euro (sekitar 3,5 triliun rupiah) tersebut telah pecahkan catatan dunia dan sampai 2 kali lipat dibanding rekor sebelumnya.

Kalau dijumlahkan dengan nilai kontraknya sepanjang 5 tahun, PSG artinya tengah keluarkan dana sampai dengan 447 juta euro kepada Neymar. Kalau dirupiahkan, nominal tersebut sampai dengan 7 triliun rupiah!

Transfer Neymar tersebut juga memancing pro dan kontra. Tak sedikit yang menganggap kalau bursa transfer sekarang ini sudah tak rasional.

Kalau miliki dana dengan nominal yang besar itu, Rummenigge lebih ingin manfaatkannya dengan membuat stadion. Ia pun mengatakan kalau Bayern tidak akan lakukan belanja besar cuma untuk seorang pemain.

“Sepanjang proses transfer Neymar, saya bertanya pada diri sendiri, mana yang palingh penting antara Neymar atau Allianz Arena,” ucap Rummenigge.

“Saya perlu bilang dengan jelas kalau saya lebih pilih punya Allianz Arena yang juga lebih penting. Kami Bayern Munich perlu miliki filosofi yang beda. Dengan menyeluruh, transfer Neymar dapat menjadi lebih mahal dibanding stadion.”

“Kami tak ingin lakukan ini dan kami tak boleh lakukan ini (belanja seperti PSG). Dan hal tersebut tak menjadi persoalan. Hal tersebut pun ditataip menjadi sebuah cara yang benar oleh publik dan para pendukung kami,” imbuh dia.

Menjadi sebuah informasi, Bayern meminjam dana sampai dengan nominal 346 juta euro — yang perlu dilunasi sampai dengan 25 tahun — untuk membuat Allianz Arena pada tahun 2005 yang lalu. Pinjaman itu telah lunas pada tahun 2014.

Sampai saat ini, transfer paling mahal yang sempat Bayern bayar ialah ketika merekrut Corentin Tolisso pada bulan Juni kemarin dengan nominal 41,5 juta euro.

Leave a Reply