Real Madrid Dipastikan Gagal Juara La Liga Musim Ini, Ini Alasannya

Real Madrid

Real Madrid rupanya tidak memiliki catatan yang bagus di Liga Spanyol dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Tim raksasa ibukota Spanyol ini hanya meraih juara dua kali dalam rentang 10 tahun itu.

Selalu terjadi setiap musim, Los Blancos nampak limbung dalam tahap penting dan selalu gagal mengejar sang musuh bebuyutan, Barcelona. Mereka nampaknya kembali mengalami hal yang sama pada musim ini.

Inkonsisten masih mereka alami. Setelah mengalahkan sang tetangga Atletico Madrid 3-1 di Wanda Metropolitano, mereka justru dipermalukan Girona di Santiago Bernabeu. Tim asuhan Santiago Solari itu secara mengejutkan kalah 2-1 di depan pendukungnya sendiri.

Setelah kekalahan itu, Real Madrid turun ke posisi ketiga di klasemen dan tertinggal 9 poin dari posisi puncak. Sepertinya impian mereka untuk memenangkan gelar La Liga pada musim ini sudah berakhir. Berikut adalah alasan utama kegagalan Real Madrid :

Lini Belakang Yang Rapuh
Real Madrid merekrut kiper andalan Chelsea dan tim nasional Belgiam, Thibaut Courtois kemudian mencoret kiper utama mereka Keylor Navas. Tetapi transfer ini masih belum berjalan sesuai rencana.

Courtois adalah seorang kiper yang bagus namun masih kerap melalukan kesalahan. Pertahanan Madrid musim ini sangat rapuh karena pemain bintang seperti Marcelo dan Raphael Varane gagal tampil oke. Sergio Ramos merupakan pemimpin di lini belakang, tetapi bek Spanyol itu juga mustahil untuk mengendalikan pertahanan sendirian.

Faktor Piala Dunia
Pemenang Ballon D’or Luka Modric selalu menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid. Dia selalu konsisten dan El Real berhasil memenangkan banyak pertandingan karena kecemerlangannya.

Sektor tengah Madrid sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir dan Modric menjadi pemain penting di sana bersama dengan gelandang asal Jerman, Toni Kroos.

Namun di musim ini, karena Piala Dunia, penampilannya sangat berbeda jauh dan tidak terlihat istimewa. Ini sangat merugikan Madrid karena mereka gagal menguasai permainan. Kroos dan Modric tampil sangat mengecewakan sepanjang musim.

Lini Depan Melempem
Usai kepergian Cristiano Ronaldo, Real Madrid tidak membeli pengganti yang sepadan pada musim panas. Satu-satunya striker yang mereka rekrut adalah Mariano Diazo. Kepergian Ronaldo adalah salah satu alasan utama mengapa Madrid belum bisa memenangkan pertandingan.

Jumlah gol yang dicetak Madrid menurun secara signifikan tidak seperti di era Ronaldo. Setelah Gareth Bale dan Marco Asensio bermain di bawah standar dan Isco masih belum mendapatkan kepercayaan dari Solari, penyerang yang sering diturunkan Madrid adalah Karim Benzema, Vinicius Junior, dan Lucas Vazquez. Mereka pun belum cukup konsisten untuk selalu mencetak gol di setiap pertandingan.