Kritik Kinerja Wasit, Klopp Terancam Didakwa FA

Juergen Klopp Liverpool

Federasi sepakbola Inggris FA resmi mengirimkan dakwaan kepada manajer Liverpool, Jurgen Klopp atas komentarnya yang meragukan kinerja wasit setelah pertandingan melawan tuan rumah West Ham United awal Februari silam.

Kala itu Liverpool harus puas membawa pulang satu poin dari London Stadium. Sadio Mane sempat mencetak gol yang mengantarkan The Reds unggul lebih dulu sebelum Michail Antonio mencetak gol balasan.

Gol yang dibuat oleh Mane tersebut mengundang kontroversi karena sang pemberi assist, James Milner dalam tayangan ulang terlihat sudah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Adam Lallana.

Kritik Klopp
Dalam sebuah sesi tanya jawab dengan Sky Sports seusai pertandingan, Klopp menyebut keputusan wasit Kevin Friend mengesahkan gol Mane berpengaruh dengan kinerjanya, terutama dalam hal pengambilan keputusan di babak kedua.

“Kami memiliki momen bagus, melakukan serangan dan mencetak gol, yang akhirnya saya diberitahu bahwa gol tersebut sebenarnya offside. Hal ini sedikit menjelaskan babak kedua, karena saya rasa wasit mengetahuinya ketika turun minum,” ujar Jurgen Klopp kala itu.

“Tentu dia menyadarinya ketika turun minum, lalu kalian lihat banyak situasi yang aneh. Mereka tak tegas. Hal tersebut tentu tak membantu kami. Jika saya melakukan kesalahan di babak peryama, sebagai manusia saya tidak ingin lagi melakukan kesalahan,” tukas Jurgen Klopp.

Dakwaan FA
Oleh FA, komentar Klopp tersebut dianggap meragukan kinerja wasit. Hal tersebut merupakan sesuatu yang dilarang, sebagaimana yang sudah tercantum dalam peraturan FA E3.

“Diduga bahwa berkomentar wawancara pasca-pertandingan Liverpool melawan West Ham United pada 4 Februari 2019 melanggar aturan E3(1) karena dia mempertanyakan integritas dari wasit pertandingan dan/atau menyiratkan keraguan,” demikian bunyi pernyataan resmi FA.

Lebih lanjut, FA juga memberi waktu bagi Klopp sampai hari Senin (18 Februari 2019) pukul 6 petang waktu setempat untuk memberikan tanggapan terhadap dakwaan ini.