Kembali Ke Juventus, Buffon Tak Dijamin Masuk Skuad Utama

Walaupun punya prestasi mentereng sebagai seorang penjaga gawang, tidak ada jaminan bagi Gianluigi Buffon untuk menjadi penjaga gawang utama Juventus. Bahkan, pelatih Maurizio Sarri memastikan Buffon hanya jadi cadangan.

Buffon membuat sebuah langkah yang mengejutkan pada awal musim 2019/2020 ini. Buffon menepikan tawaran kontrak baru dari Paris Saint-Germain untuk jangka waktu satu musim.

Penjaga gawang berusia 41 tahun tersebut memilih untuk pulang ke klub lamanya, Juventus, klub yang dia tinggalkan pada Juni 2018 lalu. Buffon menandatangani kontrak satu tahun bersama klub asal Turin.

Kedatangan Buffon tidak lantas membuat Sarri langsung menjadikan dia sebagai pilihan pertama di bawah mistar. Di musim lalu, Juventus sudah mantap dengan Wojciech Szczesny sebagai penjaga gawang utama. Dan, kedatangan Buffon juga tidak akan membuat posisi penjaga gawang asal Polandia itu goyah sedikit pun.

“Rencana kami sudah jelas. Sejak awal kami sudah menetapkan bahwa penjaga gawang intinya adalah Wojciech Szczesny. Buffon memang luar biasa dalam adu penalti karena dia adalah seorang terlahir sebagai pejuang dan dia bereaksi pada momen yang sangat sulit” tegas Sarri dikutip dari Marca.

Buffon sendiri, pada usia 41 tahun, masih menunjukkan performa yang prima. Pada pertandingan pramusim lawan Inter Milan, Buffon mampu menggagalkan tiga eksekusi penalti pemain Inter Milan. Performa yang pantas dipuji.

Banyak yang bertanya mengapa pada akhirnya Gianlugi Buffon pulang ke Turin. Ada yang menilai ini adalah keputusan yang mengejutkan, ada pula yang sudah menduga akan seperti ini. Dari beberapa spekulasi, media-media di Italia menyebut bahwa faktor Liga Champions menjadi alasan mengapa Buffon pulang ke Juventus. Klub kini punya peluang besar menjadi juara di Eropa.

Seperti diketahui, Buffon belum pernah memenangkan juara Liga Champions walaupun beberapa kali melaju ke final. Buffon disebut masih penasaran dan hendak mencoba peruntungan bersama Juventus pada musim 2019/2020 ini.