Jorge Sampaoli Resmi Jadi Pelatih Anyar Timnas Argentina

Jorge Sampaoli akhirnya menjabat sebagai pelatih baru timnas Argentina. Pelatih ini sudah resmi memberikan tanda-tangan bersama Albiceleste berdurasi sampai tahun 2022 yang akan datang.

Jorge Sampaoli memutuskan untuk hengkang dari profesinya sebagai pelatih Sevilla. Dia kemudian dikenalkan ke publik yang bertempat di kantor Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Ezeiza, Buenos Aires, pada Kamis (1/6/2017) malam waktu setempat.

” Ini merupakan impian yang kemudian dapat saya wujudkan, sesuatu yang sudah saya ingin capai sejak dulu. Saya selalu ingin berada di sini. Saya ucapkan banyak terima kasih pada Presiden AFA atas keinginan dan semua yang sudah terjadi, ” papar Sampaoli.

Lebih lanjut, pelatih baru timnas Argentina tersebut mendapat kontrak sampai perhelatan Piala Dunia 2022 yang akan datang. Dengan ini, dirinya mengharapkan dapat memberikan yang terbaik dan penting bagi semua publik Argentina.

Pelatih 57 tahun ini menjadi penggati manajer sebelumnya yakni Edgardo Bauza, yang sudah diberhentikan di tanggal 10 April yang lalu. Bauza akhirnya berhenti karena dinilai tidak mendapat hasil yang baik selama babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Argentina saat ini berada di posisi kelima klasemen babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Hanya empat tim paling atas yang dapat melaju dengan baik di babak final kompetisi ini, sementara di posisi kelima harus menjalani play-off kontra tim dari konfederasi lain.

Tim Tango hanya mendapatkan 22 poin dari 14 laga di babak kualifikasi. Mereka berada di bawah Brasil dengan 33 poin, Kolombia dengan 24 poin, Uruguay dengan 23 poin, dan Chile dengan 23 poin.

” Kegagalan dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini bisa saja terjadi. Kami tahu jika Argentina hanya memiliki sumber daya demi mencapai yang terbaik. Babak ini begitu sulit apalagi dengan lawan yang lebih sulit lagi, ” papar Sampaoli.

Jorge Sampaoli sejatinya berhasil membawa timnas Chile menjadi juara Copa America 2015. Dengan Sevilla, pelatih dari Argentina tersebut juga sukses membawa timnya menuju Liga Champions musim depan. Pekerjaan Sampaoli sebagai pelatih baru timnas Argentina pertama yakni membawa timnya dalam laga ujicoba kontra Brasil (9/6) dan Singapura (13/6).

Leave a Reply