Gagal Raih Prestasi di Piala Asia, Son Kesal Pada Diri Sendiri

Son Heung-min

Son Heung-min gagal menjadi penyelamat untuk tim nasional Korea Selatan. Kehadiran bintang Tottenham Hotspur tersebut belum mampu mengantarkan negaranya mengakhiri dahaga panjang gelar juara di Piala Asia.

Korea Selatan tersingkir di perempat final Piala Asia 2019 setelah kalah tipis 0-1 dari Qatar dalam pertandingan yang dimainkan Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Jumat malam WIB (25 Januari 2019). Son pun kecewa dengan dirinya sendiri.

Itu menjadi kegagalan timnas Korea Selatan pertama di perempat final Piala Asia sejak 2004, serta jadi kekalahan pertama yang dialami Korea Selatan sejak ditangani oleh Paulo Bento pada Agustus 2018.

Semula, Son diharapkan bisa menjadi pahlawan kemenangan Korea Selatan. Setidaknya seperti yang dia tunjukkan saat mengantarkan tim nasional Korea Selatan U-23 memenangkan medali emas Asian Games 2018.

Namun kali ini kehadiran pemain yang sedang on fire bersama Tottenham Hotspur tersebut tidak banyak berpengaruh. Son pun angkat bicara mengenai kegagalan tim Ksatria Taegeuk di Piala Asia 2019.

“Saya tidak mempersiapkan diri dengan baik. Fisik saya terkuras. Saya minta maaf kepada semua yang sudah saya kecewakan,” sesal Son Heung-min kepada wartawan setelah pertandingan seperti dikutip Bola.com dari agensi berita Yonhap.

Seperti diketahui, Son terlambat bergabung dengan rekan-rekannya di Piala Asia 2019 pasalnya adanya kesepakatan antara Tottenham Hotspur dengan Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Son diberi izin untuk tampil di Asian Games 2018, namun ia harus absen dalam dua pertandingan awal Korea Selatan di penyisihan Grup C Piala Asia 2019. Alhasil, mantan pemain Bayer Leverkusen itu baru gabung setelah Korea Selatan mengalahkan Filipina dan Kirgizstan.

Salahkan Diri Sendiri
Son Heung-min tiba di Uni Emirat Arab pada 14 Januari 2019, atau dua hari sebelum pertandingan ketiga yang menjadi penentuan juara grup, menghadapi tim nasional China (16 Januari 2019).

Son tidak mau bicara terlalu banyak terkait agendanya yang padat, sejak setidaknya delapan bulan terakhir, terutama saat bersama bersama The Lilyhites, memengaruhi penampilannya di Piala Asia 2019.

“Saya tidak ingin membicarakan hal ini, tapi dalam turnamen, biasanya saya memang jarang merasa hebat dalam hal kondisi fisik. Saya kurang tidur. Saya seharusnya bisa menjaga diri lebih baik lagi,” ungkap Son Heung-min.