Faktor-Faktor Yang Membuat Pelatih Italia Sukses Di Liga Inggris

 

Pelatih Chelsea, Antonio Conte, menjadi manajer Italia ke-4 yang berhasil menaklukkan Premier League. Lantas faktor apa yang membuat manajer Italia mampu berjaya di Inggris?

Conte berhasil memastikan Chelsea menjuarai titel juara Premier League musim ini setelah The Blues berhasil menaklukkan West Bromwich Albion dengan skor tipis 1-0.

Peracik taktik yang namanya kian populer di kalangan sepakbola usai mengantarkan Juventus memuncaki Serie A di musim 2012-2014 itu, menjadi pelatih Italia ke-4 yang mampu meraih titel juara Premier League.

Sejumlah manajer seperti Carlo Ancelotti, Roberto Mancini, Claudio Ranieri, telah lebih dulu membuktikan kualitasnya sebagai pelatih Italia dengan memuncaki Liga Inggris. Detailnya, Ancelotti pernah membawa Chelsea meraih trofi di musim 2009/2010, Mancini bersama Manchester City di musim 2011/2012, sedangkan Ranieri dengan Leicester City di 2015/2016.

“Saya kira pelatih Italia merupakan yang paling baik di dunia. Peracik taktik kami amat oke dalam hal strategi, lebih oke dari siapapun dan senantiasa begitu. Mindset seperti ini sudah berlangsung sedari lama,” ungkap Mancini seperti yang dilansir dari salah satu media.

Lebih lagi, Italia merupakan pemasok manajer yang paling berjaya ke-2 di Premier Legue dan hanya kalah dari Skotlandia yang mencatatkan 14 kali kejuaraan.

Kemudian ada pula Prancis dengan Portugal yang telah meraih titel juara 3 kali, sedangkan Chile pernah 1 kali. Hal ini tentu sedikit terlihat aneh, karena tak ada satu pun pelatih asal Inggris yang mampu menaklukkan Premier League yang terbilang turnamen di negaranya sendiri.

“Pelatih Italia siap bekerja keras di mana pun, dalam liga mana pun. Dalam Inggris, terbilang aneh melihat 4 pelatih Italia mampu memuncaki Premier League. Saya tak merasa bahwa 4 manajer Inggris dapat menaklukkannya di 20 tahun belakangan,” lanjut Mancini.

“Kami memulai kebiasaan serta berharap ini dapat berlangsung hingga nantinya, lantaran terbilang krusial memiliki sosok manajer Italia mampu sukses di negera lain” kata Mancini.

Akan tetapi, kejayaan pelatih Italia tak sebaik para pesepakbolanya. Bagaimana tidak, bahkan sejauh ini hanya ada 1 pesepakbola Italia yang mampu meraih titel juara Liga Inggris yaitu Mario Balotelli tepatnya dengan City di musim 2011/2012.

Sedari periode Premier League, sudah ada 11 pelatih Italia yang membesut sejumlah klub Inggris. Dengan 4 di antaranya bisa membuktikan kualitasnya di turnamen itu.

Leave a Reply