Eks Pemain MU Ungkap Alasan Kegagalan Mourinho

Jose Mourinho MU

Mantan bek Manchester United, Rafael da Silva memiliki penilaian kenapa Jose Mourinho tidak berhasil di MU. Rafael menilai Mourinho membuat para pemain MU putus asa dengan instruksinya memainkan sepakbola bertahan.

Pada musim panas tahun 2016 silam, Manchester United melakukan langkah besar dalam karir mereka. The Red Devils merekrut Jose Mourinho sebagai manajer untuk menggantikan Louis van Gaal yang dipecat beberapa hari sebelumnya.

Mourinho yang dikenal sebagai manajer sepakbola tersukses di Eropa diprediksi akan mengembalikan kejayaan Paul Pogba dan kawan-kawan. Namun sayang ia dipecat oleh manajemen MU setelah 30 bulan menangani MU.

Rafael menilai para pemain MU merasa tertekan dilatih Mourinho sehingga mereka tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. “Jujur saja, saya merasa para pemain tidak nyaman dilatih Mourinho,” buka Rafael da Silva kepada Portal Berita Bola Dunia.

Terlalu Bertahan
Menurut pemain berkebangsaan Brasil ini, Mourinho terlalu memperhatikan aspek pertahanan dalam timnya sehingga para pemainnya merasa jengah dengan instruksi yang repetitif tersebut.

“Di masa kepimipinan Jose, para pemain terus dituntut untuk bertahan. Ada pemain yang tahu caranya bertahan dengan baik tetepi ketika pelatih mereka berbicara ‘Kalian harus bertahan, bertahan dan selalu menerus, saya yakin mereka pasti jengah. Mungkin ini yang mereka alami, namun saya tidak tahu bagaimana yang sebenarnya terjadi.”

Belajar Dari Ahlinya
Rafael menilai Mourinho seharusnya mencontoh bagaimana cara Sir Alex Ferguson melatih Manchester United karena ia menilai Ferguson mampu memberikan keseimbangan yang bagus dalam timnya.

“Ferguson tahu apa yang diingkan pemain dan begitu juga sebaliknya. Tentu saja dalam kesempatan dia meminta kami untuk berhati-hati saat bertahan, tetapi dia tidak pernah meminta kami untuk bertahan terus menerus dan jangan menyerang.”

Tren Positif
Jose Mourinho pada akhirnya dipecat dan digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer di kursi pelatih MU, di mana pelatih 45 tahun itu membuat The Red Devils hanya kalah satu kali dari 12 pertadingan yang mereka jalani.